Tanggapan BPJS Terhadap Isu Sadis Yang Beredar Di Medsos

royzalbaganu.com — Mungkin di antara Anda dalam beberapa hari terakhir ini Mendapat pesan berantai mengenai bpjs kesehatan di media sosial yg anda miliki. Dalam pesan berantai yg saya terima di Whatsapp di katakan bahwa bpjs kesehatan lebih sadis dari pajak, ada denda 30 jt, harus mempunyai bpjs sebelum 1 januari 2018 ada yang menulis sebelum 1 januari 2019, akan ada sanksi tidak mendapat layanan publik. Bagaimana Tanggapan BPJS Terhadap Isu Sadis Yang Beredar Di Medsos.

Dikutip dari liputan6.com berikut tanggapan bpjs Kesehatan:

Meski pengirim pesan berantai ini tidak jelas, namun menurut Kepala Humas BPJS Kesehatan, Irfan Humaidi, hal ini perlu ditanggapi. “Agar ini bisa diedukasi ke publik

1. Apa benar BPJS Kesehatan lebih sadis dari pajak?
Kalau kita lihat iuran BPJS Kesehatan kelas 3, tidak sampai Rp1.000 per hari. Bahkan untuk kelas 1, tidak sampai Rp3.000 per hari. Bandingkan dengan harga rokok yang diisap perokok per hari.

2. Uangnya yang tidak sampai Rp1.000 sehari atau tidak sampai Rp3.000 per hari, pasti ditanyakan kemana hilangnya?
Ternyata tidak hilang, karena uangnya dipakai saudara kita yang sedang sakit pada saat kita tidak menggunakannya. Jadi ada gotong royong saling bantu yang sehat bantu yang sedang sakit. Bandingkan dengan rokok sehari bisa lebih dari Rp3.000. Uangnya kemana, habis saja terbakar, nikmat sesaat namun kemudian membuat sakit kemudian hari.

3. Apa iya memberatkan saat membayar?
Iya, terasa berat kalau menunggak. Untuk itu, disiplin membayar sangat penting. Sisihkan Rp1.000 per hari. Tidak terasa sebulan sudah ada uang Rp30.000. Jadi tidak terasa berat.

4. Kenapa harus denda?
Ini yang salah. BPJS Kesehatan sekarang tidak ada denda iuran. Namun kalau menunggak, harus bayar semua tunggakan, kalau akan menggunakan rawat jalan. Ini wajar ya, mana ada masyarakat yang masuk kategori mampu mau dilayani namun tidak bayar iuran.

5. Kalau tidak mampu, bagaimana?
Sederhana, pasti yang tidak mampu sudah ada di data Kementerian Sosial. Karena saat ini, ada 92,4 juta yang terdata sebagai peserta miskin tidak mampu. Kalau saya enggak mau, ah masuk kelompok itu kalau benar-benar tidak miskin. Nanti Tuhan marah dan jadi miskin beneran.

6. Kenapa ada sanksi?
Iya, undang-undangnya begitu. Karena apa? karena negara ingin menjalankan sungguh-sungguh dasar negara kita yang berlandaskan Pancasila. Gotong royong adalah soko gurunya. Yang sehat dan mampu wajib bergotong royong, membantu yang sakit dan tidak mampu.

Sebelumnya, di Maret 2016 lalu, pemerintah telah menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) 19/2016 tentang Perubahan Kedua Atas Perpres 12/2013 tentang Jaminan Kesehatan, Juncto Peraturan Presiden 28/2016 tentang Perubahan Ketiga Atas Perpres 12/2013 tentang Jaminan Kesehatan. Dalam peraturan terbaru ini dibahas mengenai mekanisme denda, aturan wajib kepersertaan dan pemberhentian sementara penjaminan peserta apabila peserta menunggak membayar iuran setiap bulan.

Target pemerintah pada awal 2019 seluruh warga negara sudah harus memiliki BPJS. Jadi adalah Hoax berita yang menyatakan bahwa 1 january 2018 akan ada sanksi layanan publik bagi warganegara tidak memiliki bpjs kesehatan. Baca artikel berikut : Ada Sanksi Administratif Bagi Warga yang Tidak Ikut BPJS Kesehatan

Bagi Yang belum memiliki BPJS , Saat ini BPJS Kesehatan pun dapat di daftarkan secara online di : https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-online/

BPJS Kesehatan bersifat gotong royong. Jadi apabila dana yang telah di setorkan setiap bulan tidak di gunakan karena di antara peserta BPJS telah memiliki asuransi kesehatan maka ada saudara-saudara kita yang akan menggunakan-nya. Dengan Demikian kita telah membantu sesama.

BPJS Kesehatan pun bisa di kombinasikan dengan Asuransi Kesehatan apabila terjadi rawat inap dan perlu penanganan dokter. Untuk hal ini silahkan tanyakan ke agen asuransi masing-masing.

Disarankan apabila ingin mengetahui mengenai info bpjs silahkan datangi kantor-nya di daerah masing-masing, karena pertanyaan tentang bpjs sangat banyak, apa saja bpjs ketenagakerjaan ?, apa saja bpjs kesehatan ?, apa saja manfaat bpjs ?, apa saja persyaratan bpjs ?, apa saja tanggungan bpjs ?. dan mungkin masih banyak pertanyaan-pertanyaan lain tentang bpjs.

Website resmi bpjs online adalah :  https://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/ , mungkin bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan anda, sehingga tidak termakan isu hoax di medsos.

Demikian Sekilas Tentang Tanggapan BPJS Terhadap Isu Sadis Yang Beredar Di Medsos , Kiranya bermanfaat

 

Dikutip dari Berbagai Sumber

===========================================================================

INGIN MENGETAHUI DAN MENGGELUTI BISNIS ONLINE ?? SILAHKAN KLIK DI SINI , DENGAN MENJADI FREEMEMBER ANDA AKAN MENDAPATKAN VIDEO-VIDEO TUTORIAL GRATIS TENTANG INTERNET MARKETING AWAL MULA BISNIS ONLINE YANG AKAN DI KIRIMKAN KE ALAMAT EMAIL ANDA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tekan Tombol Klik Anda Akan Terhubung Dengan WhatsApp (WA) SayaKlik