OJK dan Satgas Waspada Investasi Menghentikan Kegiatan 6 penghimpun Kegiatan Dana dan Pengelolaan Investasi Untuk Melindungi Masyarakat

Royzalbaganu.com — OJK dan Satgas Waspada Investasi akan terus mengejar dan menutup kegiatan investasi ilegal. Selama 2017 ‘’sudah 19 perusahaan yang kita temukan dan kita tutup,” demikian kata Direktur Kebijakan dan Dukungan Penyidikan OJK dan Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L Tobing.

Keenam entitas/perusahaan/pihak tersebut telah melakukan kegiatan penghimpunan dana atau kegiatan usaha yang berpotensi merugikan masyarakat dan diduga melanggar ketentuan yang berlaku.

Sebagai bentuk perlindungan kepada masyarakat, Satgas Waspada Investasi menyatakan bahwa enam entitas/perusahaan/pihak tersebut harus segera menghentikan kegiatan usahanya sampai dengan memperoleh izin dari otoritas yang berwenang.

Enam entitas/perusahaan/pihak tersebut adalah :

  1. Starfive2u.com;
  2. PT Alkifal Property;
  3. Groupmatic170;
  4. EA Veow;
  5. FX Magnet Profit; dan
  6. Koperasi Serba Usaha Agro Cassava Nusantara di Cicurug, Sukabumi/ Agro Investy.

Kegiatan yang telah dilakukan oleh enam entitas/perusahaan/pihak tersebut selama ini sudah menjadi perhatian dan pemantauan oleh Satgas Waspada Investasi berdasarkan informasi di berbagai media sosial baik cetak maupun elektronik.

Berdasarkan data, pembahasan, dan kajian yang telah dilakukan oleh Satgas Waspada Investasi, terdapat ketidakjelasan dari legalitas, kegiatan usaha, dan domisili usaha yang telah dilakukan.

Satgas Waspada Investasi meminta masyarakat untuk tidak melakukan kegiatan investasi dengan enam entitas/perusahaan/pihak tersebut dan dapat melaporkan kepada Satgas Waspada Investasi apabila mereka diketahui masih melakukan kegiatan sebelum mendapatkan izin dari otoritas yang berwenang.

Selanjutnya Satgas Waspada Investasi menghimbau kepada masyarakat agar sebelum melakukan investasi untuk memahami hal-hal sebagai berikut :

  1. Memastikan perusahaan yang menawarkan investasi tersebut memiliki izin usaha dari otoritas yang berwenang sesuai dengan kegiatan usaha yang dijalankan.
  2. Memastikan bahwa pihak yang menawarkan produk investasi, memiliki izin dalam menawarkan produk investasi atau tercatat sebagai mitra pemasar.
  3. Memastikan bahwa perusahaan atau pihak yang melakukan penawaran investasi tersebut, juga memiliki domisili usaha sesuai dengan izin yang dimiliki.

Jika menemukan tawaran investasi yang mencurigakan, masyarakat bisa mengkonsultasikan atau melaporkan kepada Layanan Konsumen OJK 1500655, email konsumen@ojk.go.id  atau waspadainvestasi@ojk.go.id

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi  Tongam L. Tobing, Direktur Kebijakan dan Dukungan Penyidikan/Ketua Satgas Waspada Investasi,

Telp: 021-29600000, Email: tongam.tobing@ojk.go.id/ website: www.ojk.go.id.

Berikut informasi lengkap, mengenai enam entitas/perusahaan/pihak yang dihentikan kegiatan usahanya oleh Satgas Waspada Investasi :

  1. Starfive2u.com

Star Five 2U adalah suatu platform/ aplikasi yang dibuat oleh satu kelompok trader yang terdiri lima orang pakar Trading Forex yang terdiri dari :

  1. Kamaruddin FX.
  2. Muhammad Abduh.
  3. Andika Hermawan.
  4. Agus Prananda.
  5. Wijaya

StarFive2U.com melakukan penawaran pengelolaan dana investor dengan cara melakukan kegiatan trading valas, komoditi, dan crypto currency sejak tahun 2014. Keuntungan yang dijanjikan adalah 5% (lima persen) per hari dan berlangsung selama 20 (dua puluh) hari sejak akun member aktif. Komisi dari trader sebesar 1,5% (satu setengah persen) sampai 2% (dua persen) per hari.

  • Domisili dari kegiatan tidak diketahui.
  • Kepengurusan atau penanggung jawab tidak diketahui.
  1. PT Alkifal Property

PT Alkifal Property menawarkan program kepemilikan rumah tanpa harus melalui Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dan menghindari dari riba.

  • Domisili dari kegiatan tidak diketahui.
  • Alamat website atau situs tidak diketahui.
  • Kepengurusan atau penanggung jawab tidak diketahui.
  • Kegiatan usaha yang dilakukan secara detail tidak diketahui.

3. Groupmatic170

Melakukan Penawaran kegiatan investasi dengan modal paling kecil sebesar Rp. 500.000,- (lima ratus ribu rupiah) sampai dengan Rp. 100.000.000,- (seratus juta rupiah). Keuntungan yang ditawarkan adalah 70% (tujuh puluh persen) per 15 (lima belas) hari.

  • Domisili dari kegiatan tidak diketahui.
  • Alamat website atau situs tidak diketahui.
  • Kepengurusan atau penanggung jawab tidak diketahui.
  1. EA Veow

Melakukan penawaran jasa untuk melakukan kegiatan Trading tanpa memiliki izin dari instansi terkait.

  • Domisili dari kegiatan tidak diketahui.
  • Alamat website atau situs tidak diketahui.
  • Kepengurusan atau penanggung jawab tidak diketahui.
  1. FX Magnet Profit
    Melakukan penawaran kegiatan investasi dengan setoran awal adalah sebesar Rp. 500.000,- (lima ratus ribu rupiah). Keuntungan yang ditawarkan adalah sebesar 0,2% (nol koma dua persen) sampai dengan 4% (empat persen) per bulan. Selain itu juga terdapat bonus tambahan yaitu : Iphone 7 Plus, Macbook Pro 15″ Touch Baratau Ipad Pro 12.3 Inch.
  • Domisili dari kegiatan tidak diketahui.
  • Alamat website atau situs tidak diketahui.
  • Kepengurusan atau penanggung jawab tidak diketahui.

6.Koperasi Serba Usaha (KSU) Agro Cassava Nusantara/ Agro Investy

Melakukan penawaran kegiatan investasi dengan cara menanam pohon singkong dengan modal minimal adalah sebesar Rp. 1.000.000,- (satu juta rupiah) dengan keuntungan yang ditawarkan adalah sebesar 150% (seratus lima puluh persen) dalam jangka waktu 30 (tiga puluh)hari.

Skema Keuntungan yang didapat :

Modal Awal Rp. 1.000.000,-
Bulan 1 Rp. 1.500.000,-
Bulan 2 Rp. 2.250.000,-
Bulan 3 Rp. 3.375.000,-
Bulan 4 Rp. 5.062.500,-
Bulan 5 Rp. 7.592.750,-
Bulan 6 Rp. 11.390.625,-
Bulan 7 Rp. 17.085.937,-
Bulan 8 Rp. 25.628.906,-
Bulan9 Rp. 38.443.359,-
Bulan 10 Rp. 57.665.039,-
Bulan 11 Rp. 86.497.558,-
Bulan 12 Rp. 129.746.337,-

 

  • Domisili dari Koperasi Serba Usaha Agro Cassava Nusantara/ Agro Investy beralamat di Kp. Babakan Kencana (Bedogol), Desa Benda, RT.03, RW.06, Cicurug Sukabumi, Jawa Barat.
  • Alamat website atau situs yang digunakan adalah agrocassava.blogspot.co.id.
  • Kepengurusan atau penanggung jawab adalah Sdr. Andi Wijaya bin H. Mursad sebagai Ketua Umum KSU Agrocassava Nusantara/ Agro Investy .

Demikian info saya tentang OJK dan Satgas Waspada Investasi Hentikan Kegiatan 6 penghimpun Kegiatan Dana dan Pengelolaan Investasi Untuk Melindungi Masyarakat.

 

Sumber: siaran pers http://www.ojk.go.id , 26 Maret 2017

Re-post: 2 April 2017

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tekan Tombol Klik Anda Akan Terhubung Dengan WhatsApp (WA) SayaKlik